WANITA ADALAH TULANG RUSUK PRIA

Mengenai hal ini diterangkan dlm Hadist  yg dikatakan oleh Rasullulah.
 

       " Nasehatilah perempuanmu dg cara yg baik ! ,  Perempuan itu diciptakan dari Tulang Rusuk, sementara yg paling  bengkok itu bagian teratasnya . Jika engkau bersikeras meluruskannya , ia akan patah . Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok  selamanya.  Maka  nasahatilah perempuan dg cara yg baik !. "  (HR Bukhori Muslim,Ibnu Abi Syaibah, dan Baihagi )


Mengapa  Rosullulah  secara special membahas ini   ?


    Kedudukan seorang wanita dimata Allah sejajar / sederajat /sama dg seorang laki  dlm hal  KEIMANAN.

Perempuan diciptakan dari Tulang Rusuk yg bengkok  bkn berarti  dia bersifat Bengkoh ( jelek ), ini hanya  fungsi sja ,dimna laki2 dan perempuan mmpunyai fungsi & peran yg berbeda.

Lali  ,  mengapa dari tulang rusuk yg bengkok ?
Kenpa tdk dri Tulang yg lain  bukankah masih byk Tulang yg tdk bengkok  (lurus) ?
 Jika  wanita dari tulang yg lurus , maka akan sempit dadanya,karena itu  keberadaan perempuan dpt memberikan kenyamanan dimnapun berada.

 Coba kita telaah /lihat  bentuk tulang rusuk yg bengkok itu , ia berfungsi sbgai kerangka yg menyusun Kekuatan tubuh. Jadi perempuan itu jg bagian yg dpt membangun & menegakan kehidupan.
Dengan tulang rusuk yg bengkok maka byk organ2  yg lunak akan terlindung.
Sama halnya dg perempuan ,  ia dpt menjga keluarganya jg anak2 yg masih lemah.
Bengkoknya bukan berarti bentuk kelemahan perempuan, karena  Rasullulah mengatakan agar menasehati perempuan secara baik.
Hal ini jg menjaga  agar jiwa perempuan tdk mudah patah, sehingga dpt mnjalankan peran utamanya sebagai  ibu , istri  maupun sebagai insan permpuan itu sendiri. Karena tugasnya itulah perempuan diberi kekuatan oleh Allah.

Allah telah mmebrikan perempuan kekuatan karena ditngan nya akan lahir penerus keturunan.
Anak yg baik terlahir dri kehebatan seorang ibu yg mengasuh & membesarkannya.
Dibalik kesuksesan suami ada peran istri yg mendampinginya.
Sejatinya wanita harus diperlakukan dg baik,agar jiwa nya  terbangun dg kasih sayang & kesabaran.


 Surat An_Nisa '  diawali dg ayat  :
               
 " Wahai sekalian manusia , bertaqwalah kepd Tuhanmu yg telah menciptakan kamu dari diri yg satu (Adam),  dan (Allah )  menciptakan pasangannya (Hawa ) dari dirinya,
dan dari keduanay Allah mmperkembangbiakan laki2 & perempuan yg byk. Bertaqwalah kepda Allah  dg namaNYA kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan.  Sesungguhnya Allah  selalu  menjaga & mengawasimu ."  (QS An_Nisa :1 )


Dalam Al Hadist diterangkan ;

" Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yg paling bengkok dari tulang rusuk adalah atasnya.Bila engkau meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang2 dg nya, engkau bisa bersenang2 , namun apaadanya kebengkokan ."  ( HR. Al Bukhori  no.3331  dan  muslim  no. 3632 )



Sedangkan secara  Medis, dari struktur anatomi tulang rusuk ,jumlah iganya antara laki2  & wanita jumlahnya sama , yakni :
          ***  Iga  sejati  7
          *** Iga semu 3
          *** Iga melayang 2
sehingga jumlah totalnya 12.

Tulang rusuk berbentuk panjang agak pipih & kedua ujungnya merupakan tulang rawan, mungkin karna sifatnya  maka mudah patah & dibengkokan .
 Penjelasan secara medis ini  menunjukan bahwa antara laki2  & perempuan mempunyai struktur & jumlah tulang rusuk yg sama, dan karena pd ujungnya merupakan tulang yg   rawan maka akan mudah patah maka akan nudah patah apabila dibengkokkan sesuai Hadist tersebut diatas.


Dengan  apa manusia setelah Nabi Adam  &  Hawa dicptakan  ?
Hal ini dijelaskn  firman Allah dlm  surat Al_Mu'minun sbb :

       " Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu klami jdikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dg daging, kemudian kami jadikan dia makhluk yg (berbentuk ) lain. Maka  Maha suci Allah menciptakan yg paling baik ."  (QS . AL_Mu'minun :14 )


Dalam surat  Yaasiin :

      "  Dan adakah manusia tdk memperhatikan bahwa Kami menciptakannya  dari setitik air (mani) maka tiba2 ia menjadi penantang yg nyata ." (QS Yaasiin :77 )

Dalam surat Al_Insaan :
     " Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setes mani yg bercampur dan kami hendak mngujinya (dengan perintah & larangan), karena itu kami jdikan dia mendengar  dan melihat ". (QS AL_Insaan :2)



****Sumber Duniabarunia.blogspot



Semoga bermanfaat ,
TERIMAKASIH :)

No comments:

Post a Comment